Home >> Artikel >> Kesehatan >> Inilah Cara Mengobati Kanker Payudara dengan Daun Sirsak
Kesehatan

Inilah Cara Mengobati Kanker Payudara dengan Daun Sirsak

Cara Mengobati Kanker Payudara dengan Daun Sirsak
Soursopthai.com

Cara Mengobati Kanker Payudara dengan Daun SirsakGraviola (Annona muricata) atau biasa dikenal dengan sirsak, merupakan pohon buah yang tumbuh di hutan hujan tropis. Orang-orang telah lama menggunakan buah, akar, biji, dan daun sirsak untuk mengobati segala macam penyakit, termasuk kanker.

Ilmuwan telah mempelajari tanaman sirsak ini selama 50 tahun. Mereka melihat potensi manfaat dalam buah sirsak, terutama daunnya. Mereka menemukan bahwa daun sirsak dapat membunuh sel kanker dalam tabung reaksi dan dalam penelitian pada hewan.

Namun, apakah daun sirsak efektif juga utuk pengobatan kanker payudara pada manusia? Jika iya, bagaimana cara mengobati kanker pyudara dengan daun sirsak? Simak pembahasannya di bawah ini.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kanker Payudara

Daun sirsak mengandung ratusan bahan kimia yang disebut acetogenins (ACGs). Dalam tes laboratorium, ACG membunuh banyak jenis sel kanker tanpa merusak yang sehat. Sirsak dan daunnya, bahkan dapat mengobati tumor yang tidak merespon obat kanker.

ACG tampaknya bekerja dengan cara yang berbeda untuk membunuh, memblokir, atau melawan berbagai jenis kanker. Jalur-jalur tersebut antara lain:

  • Kematian sel. Biasanya, sel-sel tua atau rusak mati secara alami, sebuah proses yang disebut apoptosis. Sel-sel kanker sering menemukan cara untuk menghindari ini dan untuk bertahan hidup. Namun, Ekstrak daun sirsak dapat memaksa sel kanker untuk mengalami kematian.
  • Memblokir metastasis. Ini juga disebut penyebaran kanker. Studi laboratorium menemukan bahwa ekstrak sirsak menghentikan sel kanker tumbuh dan bermetastasis.
  • Sinyal berebut (scramble signals). Sel menerima pesan dari dalam dan luar sel. Jalur sinyal menyampaikan pesan. Kesalahan dalam salah satu jalur dalam pengandran ini dapat menyebabkan terjadinya kanker. Daun sirsak dapat memblokir jalur yang mengontrol pertumbuhan dan siklus hidup sel kanker.
  • ATP. Setiap sel dalam tubuh menggunakan senyawa yang disebut adenosin trifosfat (ATP) untuk energi. Ketika kandungan dalam daun sirsak memblokir ATP dalam sel kanker, maka sel-sel kanker pada tubuh akan mati.

Para ilmuwan telah mempelajari sirsak untuk pengobatan berbagai jenis kanker. Temuan dari studi laboratorium telah menjanjikan. Tetapi mereka belum menguji suplemen sirsak, daun sirsak dan sejenisnya pada manusia untuk mengetahui apakah hasilnya sangat membantu atau tidak, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

Pada percobaan kanker payudara, dalam sebuah penelitian, ekstrak daun sirsak dapat mengecilkan tumor payudara pada tikus. Studi lain melihat efek ekstrak buah sirsak dan daun sirsak pada protein yang disebut reseptor faktor pertumbuhan epidermal (EGFR). Protein ini berada di permukaan sel dan membantu sel tumbuh dan membelah. Beberapa sel kanker payudara memiliki terlalu banyak EGFR. Sel-sel tumbuh lebih cepat dan lebih sulit untuk diobati. Daun sirsak ini dapat memblokir pertumbuhan sel-sel ini.

Cara Mengobati Kanker Payudara dengan Daun Sirsak

Inilah Cara Mengobati Kanker Payudara dengan Daun Sirsak
Verywellfit.com

Ada banyak cara mengolah daun sirsak untuk pengobatan kanker payudara, namun cara yang paling umum adalah dengan merebusnya seperti biasa, kemudian ditambahkan beberapa komposisi lainnya untuk menambah aroma dan rasa, seperti madu, lemon, kayu manis, jahe, ginseng, dan lainnya.

Seperti ini cara mengolahnya:

  1. Rebus 1 liter air, lalu ambil 15 lembar daun sirsak (segar atau kering), potong daun dengan ukuran sedang dan masukkan ke dalam air mendidih.
  2. Selama merebus, jangan tutup pancinya biarkan tetap terbuka dan rebus air dengan api kecil selama 30 menit, sampai air hingga 500 ml.
  3. Sekarang teh sirsak siap untuk diminum. Pastikan Anda telah menyaring terlebih dahulu. Anda bisa konsumsi 1 cangkir  teh sirsak sebanyak 165ml, sehari 3x.
  4. Untuk menambah cita rasa pada teh, Anda bisa menambahkan 1/2 sendok air jeruk nipis dan sedikit madu (hindari gula).

Potensi Resiko

Tidak ada yang tahu dosis terbaik atau berapa banyak yang aman. Potensi resiko atau efek samping dari konsumsi daun sirsak yang mungkin terjadi, termasuk:

  • Kerusakan saraf. Pada percobaan hewan di laboratorium bahwa beberapa tikus mengalami tremor dan masalah gerakan yang mirip dengan gejala penyakit parkinson.
  • Tekanan darah rendah. Daun sirsak atau ekstraknya ternyata dapat menyebabkan penurunan tekanan darah pada percobaan hewan dan manusia. Ini dapat menyebabkan masalah jika Anda sudah memiliki tekanan darah rendah atau sedang menjalani pengobatan untuk menurunkan tekananya.
  • Gula darah rendah. Daun sirsak berpotensi berbahaya jika Anda rentan terhadap gula darah rendah (hipoglikemia) atau mengonsumsi obat diabetes.
  • Tes yang salah. Sirsak dan daun sirsak dapat mengganggu CT scan nuklir karena menghentikan tubuh Anda menyerap obat radioaktif yang digunakan dalam tes. Ini juga dapat mengganggu pembacaan tekanan darah atau tes kadar gula darah.
  • Anda tidak boleh menggunakan daun sirsak berbentuk suplemen sebagai pengganti pengobatan kanker payudara. Jika ingin menambahkan sebagai suplemen tambahan bisa Anda bicarakan dengan dokter yang menangani untuk melihat lebih jauh tentang manfaat dan resikonya.

Anda Juga Mungkin Suka: Ini Dia Pilihan Jus Buah Pencegah Kanker Payudara, Ayo Konsumsi!

About the author

Mely Apriliyani

Add Comment

Click here to post a comment