Home >> Artikel >> Kesehatan >> Ini Dia Daftar Cemilan Sehat untuk Penderita Kanker Payudara
Kesehatan

Ini Dia Daftar Cemilan Sehat untuk Penderita Kanker Payudara

Cemilan Sehat untuk Penderita Kanker Payudara
lifepack.id

Cemilan Sehat untuk Penderita Kanker Payudara – Kanker payudara adalah penyakit yang banyak dijumpai oleh wanita.

Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan sel ini. Faktor terbesar adalah usia, riwayat keluarga, genetika, dan jenis kelamin. Kondisi ini mungkin tidak bisa dikendalikan oleh diri sendiri.

Namun, Anda dapat mengontrol faktor lain yang dapat menyebab kanker payudara, seperti tidak merokok, meningkatkan aktivitas fisik, menjaga berat badan, dan diet yang sehat.

Beberapa peneliti telah menyarankan bahwa faktor makanan dapat bertanggung jawab atas 30-40% dari semua jenis kanker, termasuk kanker payudara.

Maka dari itu, penderita kanker payudara sangat disarankan untuk menjaga pola makan serta memilih cemilan yang Anda konsumsi. Dalam artikel ini akan dijabarkan tentang cemilan sehat apa saja yang dapat dikonsumsi oleh penderita kanker payudara.

Cemilan Sehat untuk Penderita Kanker Payudara

Daftar Cemilan Sehat untuk Penderita Kanker Payudara
pasien.smarterhealth.id

Tidak selama cemilan bersifat buruk bagi penderita kanker payudara. Karena pada dasarnya, jika sehat, maka cemilan tersebut sejatinya bermanfaat untuk membantu memenuhi nutrisi harian Anda.

Namun, jika Anda bosan dengan menu yang dikonsumsi itu-itu saja, maka Anda juga bisa membuat lebih banyak cemilan sendiri di rumah.

Berikut beberapa cemilan sehat untuk penderita kanker payudara yang bisa jadi pilihan Anda untuk dikonsumsi:

  • Cemilan rendah gula, seperti 100% sereal gandum utuh dengan buah dan susu rendah lemak atau tanpa lemak
  • Buah segar, seperti pir, apel, jeruk, persik, kiwi, anggur, stroberi, blueberry, dan pisang
  • Susu rendah lemak (low fat) atau non-lemak (non fat)
  • Anda juga bisa konsumsi muffin gandum utuh buatan sendiri yang lebih aman
  • Konsumsi kopi hitam, espresso, atau teh hitam. Bebas gula dan boleh ditambah susu tanpa lemak
  • Popcorn (kira-kira 2 setengah cup), dengan topping bumbu dan rempah-rempah seperti bubuk cabai, bawang putih, atau kulit jeruk nipis
  • Buah beri baik dikonsumsi sebagai cemilan karena mengandung antioksidan anthocyanin dan flavonoid yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan juga mencegah perkembangan sel kanker
  • Kacang-kacangan menjadi salah satu pilihan cemilan sehat untuk penderita kanker payudara seperti kacang polong, walnut, almond, pistachio. Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus atau dikukus untuk menjaga nutrisinya tetap maksimal
  • Labu rebus, karena labu kaya akan Vitamin E dan antioksidan yang bermanfaat melawan kanker payudara

Untuk alasan keamanan, konsumsi makanan yang dibuat sendiri di rumah cenderung lebih sehat dan lebih rendah kalori daripada makanan jadi yang dibeli. Sertakan buah, sayuran, atau susu rendah lemak atau non-lemak untuk nutrisi sehatnya.

Cemilan yang Harus Dihindari

Selain meningkatkan asupan makanan tertentu untuk mencegah pertumbuhan kanker payudara, beberapa makanan yang perlu Anda hindari juga untuk meminimalkan perkembangan sel kanker payudara, yaitu:

  • Hindari makanan yang digoreng secara langsung karena dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan pertumbuhan kanker
  • Juga hindari konsumsi makanan manis yang berlebihan. Batas asupan konsumsi gula perhari adalah sebanyak satu sendok teh, karena makanan manis berlebih dapat memicu pertumbuhan sel kanker lebih cepat, sehingga tidak disarankan
  • Makanan olahan, mulai dari bakso, sosis, juga makanan olahan dari tepung seperti roti putih harus Anda hindari karena dapat mengambil banyak nutrisi dari tubuh
  • Makanan kaleng dan kemasan sangat dianjurkan untuk tidak Anda konsumsi, karena mengandung tinggi pengawet, gula, dan MSG yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker lebih cepat di tubuh Anda.

Selain menjaga pola makan yang Anda konsumsi, sangat dianjurkan untuk diimbangi dengan olahraga secara rutin, agar kondisi tubuh bisa lebih optimal dan tidak mudah lelah.

Olaharaga secara rutin juga dapat membantu fungsi otot, saraf, dan tulang Anda, agar dapat bekerja dengan maksimal dan menurunkan resiko kekeroposan tulang karena kurangnya beberapa asupan nutrisi.

About the author

Mely Apriliyani

Add Comment

Click here to post a comment