Home >> Artikel >> Kesehatan >> Pengobatan Kemoterapi Kanker Darah dan Efek Sampingnya
Kesehatan

Pengobatan Kemoterapi Kanker Darah dan Efek Sampingnya

Ilustrasi Kemoterapi Kanker Darah
www.Verywellhealth.com

Kemoterapi merupakan salah satu pengobatan kanker darah yang dapat dilakukan. Terapi ini dapat ditujukan untuk memperpanjang masa hidup, mengurangi gejala kanker darah, dan membantu membunuh sel-sel kanker yang berkembang dengan cepat.

Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang bagaimana proses kemoterapi dilakukan, apa tujuan kemoterapi, serta efek samping kemoterapi dalam pengobatan kanker darah.

Kemoterapi Kanker Darah          

Pengobatan Kemoterapi Kanker Darah
Mountmiriam.com

Pengobatan kemoterapi ini dilakukan dengan cara disuntikkan ke dalam pembuluh darah atau otot atau dapat dikonsumsi secara oral.

Obat-obatan yang digunakan bertujuan untuk mencapai sel-sel kanker tubuh melalui darah, ini sangat membantu untuk menargetkan kanker yang menyebar luas.

Tujuan utama kemoterapi, antara lain:

  • Penyembuhan: Tujuan utama pengobatan adalah untuk membunuh sel kanker dan menyembuhkan kanker.
  • Pengendalian: Jika kanker tidak dapat disembuhkan, maka pengendalian penyakit adalah tujuannya. Kemo digunakan untuk mengecilkan tumor atau membatasi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  • Paliasi: Perawatan meringankan gejala kanker darah

Fase Perawatan

Biasanya, pengobatan kemoterapi pada kanker darah diterapkan dalam 4 tahap. Setelah setiap tahap dilakukan, tubuh akan pulih dengan istirahat pasca kemo tersebut.

Berikut tahapan fase perawatannya:

  • Fase Induksi: Tahap pertama adalah Induksi Remisi. Pada fase ini, pengobatan membunuh sel kanker dalam darah dan sumsum tulang.
  • Profilaksis SSP (hanya pada beberapa subtipe): Fase kedua adalah Sistem Saraf Pusat Terapi Terarah. Obat pada fase ini membunuh sel kanker di sistem saraf pusat dan membatasi sel kanker menyebar ke cairan tulang belakang.
  • Fase Konsolidasi: Fase ketiga adalah fase konsolidasi. Pada fase ini, dokter meresepkan obat dalam tahap remisi. Tahap ini membunuh sel-sel kanker yang tersisa yang saat ini tidak aktif tetapi bisa tumbuh kembali nanti. Biasanya berlangsung selama beberapa bulan.
  • Fase Pemeliharaan: Fase terakhir dan keempat adalah fase pemeliharaan. Fase ini berlangsung selama dua hingga tiga tahun. Konsumsi obat dari dosis rendah untuk mencegah kambuhnya kanker.

Efek Samping Kemoterapi Kanker Darah

Kemoterapi untuk kanker darah dapat menimbulkan berbagai efek samping yang bergantung pada jenis obat yang digunakan.

Karena obat ini cukup kuat untuk membunuh sel kanker yang berkembang biak dengan cepat, obat ini juga dapat membahayakan sel sehat. Sel-sel tubuh yang membelah cepat, seperti sel darah dan sel-sel yang melapisi mulut, lambung, dan usus, dapat terpengaruh oleh penggunaan obat kemoterapi saat mengobati kanker darah.

Toksisitas terkait kemoterapi dapat terjadi secara akut setelah pemberian, dalam beberapa jam atau hari, atau secara kronis, dari minggu ke tahun. Oleh karena itu pasien harus berhati-hati dan selalu berhubungan dengan dokternya. Tingkat keparahan efek samping ini mungkin tergantung pada usia, kesehatan, dan jenis kemoterapi seseorang secara keseluruhan.

Berikut efek kemo dalam pengobatan kanker darah:

  • Ginjal; Kemoterapi dapat mempengaruhi ginjal sehingga dapat merusak fungsinya. Kerusakan ini dikenal sebagai gagal ginjal. Karena kegagalan ini, ginjal tidak akan dapat melakukan tugas vitalnya menyaring limbah dari darah.
  • Jantung: Melemahnya otot jantung, Aliran darah tidak teratur ke jantung, efek pada arteri.
  • Sistem saraf pusat: Lemas, kebingungan, depresi, hingga kaku atau kesulitan dalam gerakan.
  • Pencernaan: Umumnya rasa mual, muntah, diare, sembelit.
  • Mulut: Mulut kering, luka mulut di lidah, bibir, gusi, dan tenggorokan, kerusakan gigi, infeksi, air liur mengental.
  • Folikel rambut: Rambut rontok adalah salah satu efek samping kemoterapi.
  • Jumlah sel darah: Jumlah sel darah rendah adalah salah satu efek samping yang paling serius.

About the author

Mely Apriliyani

Add Comment

Click here to post a comment