Home >> Artikel >> Kesehatan >> Perawatan Kanker Darah, Mulai dari Diagnosis Hingga Pengobatannya
Kesehatan

Perawatan Kanker Darah, Mulai dari Diagnosis Hingga Pengobatannya

Ilustrasi Perawatan Kanker Darah
Klikpdpi.com

Perawatan Kanker Darah – Sebagian besar kanker darah disebut juga sebagai kanker hematologi, yaitu penyakit yang dimulai dari sumsum tulang, tempat di mana darah diproduksi.

Kanker darah dapat terjadi ketika sel darah abnormal mulai tumbuh di luar kendali yang mengganggu fungsi sel darah normal, yang melawan infeksi dan menghasilkan sel darah baru.

Berbagai jenis tes dan prosedur dapat digunakan untuk mendiagnosis dan mengobati kanker darah. Apa yang dibutuhkan dalam mendiagnosis akan tergantung pada jenis kanker darah yang dicurigai.

Dalam artikel berikut ini, akan dibahas mengenai perawatan pada pasien penderita kanker darah. Mulai dari sedikit penjelasan tentang kanker darah itu sendiri, bagaimana cara mendiagnosisnya, serta pilihan pengobatan apa saja yang dapat dilakukan.

Perawatan Kanker Darah

Perawatan Kanker Darah, Diagnosis Hingga Pengobatannya
www.choa.org

Ada tiga jenis utama kanker darah dan sumsum tulang yaitu leukemia, limfoma, dan myeloma:

  • Leukemia adalah kanker darah yang berasal dari darah dan sumsum tulang tubuh anda. Kondisi ini dapat terjadi ketika tubuh menciptakan terlalu banyak sel darah putih yang tumbuh secara abnormal dan mengganggu kemampuan sumsum tulang untuk membuat sel darah merah dan trombosit.
  • Limfoma Non-Hodgkin adalah jenis kanker darah yang berkembang dalam sistem limfatik pada tubuh dari sel yang disebut limfosit, sejenis sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi.
  • Limfoma Hodgkin adalah kanker darah yang berkembang di sistem limfatik dari sel yang disebut limfosit. Limfoma Hodgkin ditandai dengan adanya limfosit abnormal yang disebut sel Reed-Sternberg.
  • Multiple Myeloma adalah kanker darah yang dimulai di sel plasma darah, sejenis sel darah putih yang dibuat di sumsum tulang. Juga, pelajari tentang tahapan multiple myeloma.

Jenis kanker darah dapat mempengaruhi jenis perawatan yang anda lakukan, sehingga anda perlu diagnosa pasti jenis kanker darah apa yang anda alami untuk mendukung perawatan terbaik.

Adapun beberapa gejala umum kanker darah, antara lain:

  • Demam atau menggigil
  • Kelelahan terus-menerus atau mudah lelah
  • Kehilangan nafsu makan, mual
  • Penurunan berat badan tanpa sebab
  • Keringat malam
  • Sakit tulang/sendi
  • Ketidaknyamanan perut
  • Sakit kepala
  • Sesak napas
  • Sering terjadi infeksi
  • Kulit gatal atau ruam kulit
  • Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di area leher, ketiak atau selangkangan

Bagaimana Kanker Darah Didiagnosis?

#1. Biopsi

Biopsi adalah tes yang mengumpulkan sampel sel untuk diperiksa oleh ahli patologi di laboratorium. Untuk beberapa jenis kanker darah, seperti limfoma, mungkin memerlukan biopsi kelenjar getah bening yang mengambil sampel jaringan getah bening atau seluruh kelenjar getah bening.

Menguji sumsum tulang, tempat sel darah terbentuk, dapat membantu mendiagnosis jenis kanker darah tertentu. Dokter menggunakan prosedur yang disebut aspirasi sumsum tulang untuk mengambil sampel kecil dari sumsum tulang, darah dan tulang baik dari tulang pinggul atau tulang dada. Sampel dikirim ke laboratorium dan diperiksa untuk sel abnormal atau perubahan materi genetik.

#2. Pemindaian Pencitraan (CT Scan)

Pemindaian pencitraan atau CT Scan lebih bermanfaat untuk beberapa jenis kanker darah daripada yang lain.

Pemindaian mungkin melihat kelenjar getah bening yang membesar, yang merupakan gejala umum limfoma, tetapi biasanya tidak digunakan untuk mendiagnosis leukemia, kanker darah yang tidak menyebabkan tumor yang terlihat. Namun, scan dapat membantu apakah kanker telah mempengaruhi bagian lain dari tubuh.

#3. Tes Darah

A complete blood count  (CBC) atau tes darah menunjukkan jumlah sel dari berbagai komponen darah, seperti sel darah putih, sel darah merah dan trombosit.

Tes darah mengukur kadar zat kunci dalam darah, Tingkat protein tertentu yang tidak normal, misalnya, dapat memberikan informasi tentang kondisi anda. Jika hasil pemeriksaan di curigai multiple myeloma, dokter akan melakukan memeriksa kadar kalsium darah. Untuk kemungkinan limfoma, enzim yang disebut laktat dehidrogenase (LDH) dapat diukur.

Pengobatan Kanker Darah

Pengobatan untuk kanker darah dan sumsum tulang tergantung pada jenis kanker, usia, seberapa cepat kanker berkembang, di mana kanker telah menyebar dan faktor lainnya. Beberapa perawatan kanker darah yang paling umum meliputi:

#1. Transplantasi Sel Induk

Transplantasi sel induk adalah salah satu jenis perawatan kanker darah, yaitu proses menanamkan sel induk pembentuk darah yang sehat ke dalam tubuh. Proses ini sel induk dikumpulkan dari sumsum tulang, darah yang bersirkulasi dan darah tali pusat pada tubuh.

#2. Kemoterapi

Kemoterapi atau biasa di sebut kemo menggunakan obat antikanker untuk mengganggu dan menghentikan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kemo  untuk kanker darah kadang-kadang melibatkan pemberian beberapa obat bersama-sama. Perawatan ini juga dapat dilakukan sebelum anda menjalani transplantasi sel induk.

#3. Terapi Radiasi

Terapi radiasi atau sinar berfungsi untuk menghancurkan sel-sel kanker atau untuk menghilangkan rasa sakit. Terapi radiaisi ini juga bisa anda lakukan sebelummelakukan pengobatan lanjutan seperti transplantasi sel induk.

About the author

Mely Apriliyani

Add Comment

Click here to post a comment